Media Pembelajaran Senjata Ampuh bagi Guru

by 12:21 PM 1 komentar
MEDIA PEMBELAJARAN SENJATA PARA PAHLAWAN PENDIDIKAN

Pada postingan sebelumnya, penulis sudah menjelaskan bahwa sukses tidaknya pembelajaran ditentukan oleh seorang guru yang profesional dan kreatifitas. Untuk menjadi seorang guru yang kreatif dan profesional diperlukan senjata yang ampuh. Istilahnya untuk menjadi seorang pahlawan super harus punya senjata andalan. Betul tidak????. Masak kalah sama Capten Amerika aja punya senjata Wajan, eh salah Tameng..... heeeee.

Oke lanjut, kembali serius lagi nie za. Intinya kalau mau menjadi guru yang profesional harus punya senjata yang ampuh. Senjata yang ampuh itu adalah MEDIA PEMBELAJARAN. Media pembelajaran adalah alat untuk membawa pesan atau informasi yang dapat merangsang pikiran, perasaan, dan kemauan peserta didik sehingga dapat mendorong terciptanya proses belajar pada diri peserta didik. Media pendidikan mempunyai beberapa manfaat, diantaranya sebagai berikut:
  1. Dapat memperjelas penyajian pesan dan informasi sehingga dapat meningkatkan dan memperlancar proses dan hasil belajar.
  2. Meningkatkan dan mengarahkan perhatian siswa sehingga dapat menimbulkan motivasi dan interaksi siswa dengan lingkungan 
  3. Mengatasi keterbatasan indera, ruang, dan waktu 
  4. Memberikan kesamaan pengalaman kepada siswa
 Untuk membuat sebuah media pembelajaran hendaknya memperhatikan kriteria sebagai berikut:
  1. Ketepatan dengan tujuan pembelajaran 
  2. Dukungan terhadap isi bahan pelajaran 
  3. Kemudahan memperoleh media 
  4. Keterampilan guru dalam menggunakannya
  5. Tersedia waktu untuk menggunakannya 
  6. Sesuai taraf berpikir siswa
Dari uraian tersebut kita bisa mengetahui akan semakin lebih penting media pembelajaran. akan tetapi perlu diingat bahwa Tidak ada satu mediapun yang paling baik dengan semua tujuan. Menurut Edgar Dale, dalam dunia pendidikan penggunaan media pembelajaran sering kali menggunakan prinsip Kerucut Pengalaman. yang membutuhkan media seperti buku teks, bahan belajar yang dibuat oleh guru dan audio visual.


Pada  kesempatan kali ini penulis akan mencoba membagikan media pembelajaran berbasis visul dalam bentuk powerpoint.

1. Pendahuluan


2. Perkalian dan Pembagian

3. FPB dan KPK


4. Pecahan


5. Debit


Demikian sekitar tentang media pembelajaran dan beberapa contoh media visual dan nantikan media-media pembelajaran selanjutnya. Terima Kasih


Mohammad Faisul Basir

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

1 komentar:

  1. ini yang sedang dicari, salah satu untuk saya dalam mencoba metode baru agar anak-anak menjadi lebih menyenangkan dalam kegiatan belajar :)

    BalasHapus

Tolong berkomentar dengan baik dan sopan serta berhubungan dengan tema
Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan dihapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter